Daftar Situs Hosting File atau Penyimpanan File Gratis


Tempat penyimpanan file yang paling sering digunakan adalah Harddisk, baik perangkat dalam komputer/laptop maupun dalam bentuk eksternal. Kemudian untuk media penyimpanan yang lebih kecil lagi ada Flasdisk, kartu memori sampai cakram DVD/CD. Apapun tempat penyimpanan file Anda, sebaiknya dijaga agar tidak sampai hilang atau terserang virus.

Berbahaya karena menyimpan soft file susah-susah gampang, bahkan bisa saja tiba-tiba hilang karena satu kesalahan sepele. Bagaimana jika file yang hilang adalah file penting, berhubungan dengan pekerjaan mungkin? Nah, alternatif yang paling bagus adalah menyimpan file pada media online. Menarik bukan? Metode penyimpanan seperti ini tidak memerlukan sebuah perangkat karena yang menyediakan tempat adalah pihak situs website hosting file. Mengapa ada tempat penyimpanan online semacam ini?

Tentu saja ada karena hosting file memang digunakan untuk menyimpan data-data kemudian bisa dibagikan kepada yang membutuhkan. Anggaplah seperti Anda mengupload foto di Facebook dimana dari situlah Anda sedang membagikan kepada pengguna lain. Kemudian jika menarik pengguna lain dapat mengunduhnya.

Ada banyak sekali situs hosting file atau situs penyimpanan file yang bisa Anda gunakan dan itu gratis. Apa saja situs hosting file terbaik? Berikut daftarnya untuk menjadi referensi bagi Anda:

1. Mediafire

Sering kali saat kita ingin mendownload file pada sebuah blog, akhirnya kita dialihkan menuju link Mediafire. Ya, situs Mediafire memang merupakan situs website yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam berkas.

Dengan Mediafire Anda dapat memasukan berkas hingga kapasitas yang besar mencapai 10 GB. Seperti Anda sedang memiliki sebuah flashdisk berukuran besar. Sangat cocok untuk menyimpan file gambar, MP3, video, game, PDF, berkas utilitas dan lain sebagainya.

2. Ziddu

Ziddu merupakan salah satu situs yang menawarkan jasa penyimpanan file maupun dokumen secara online dan gratis sama seperti dengan Mediafire. Tidak terbatas apa berkas yang dapat disimpan dalam Ziddu, baik itu berupa file gambar, video, file audio, bahkan file kompresi semacam zip, rar dan lain sebagainya.

Beberapa kelebihan Ziddu yang penting untuk diketahui adalah fitur upload yang bisa dilakukan lebih dari 10 file secara bersamaan, kabarnya Ziddu tidak memberi batasan berapa jumla quota disk space yang disediakan, dan apabila yang Anda unggah adalah file video, maka file tersebut dapat langsung dimainkan. Yang menjadi kekurangan Ziddu adalah banyak sekali iklan yang terpasang pada halaman website tersebut. Mengurangi kenyamanan, namun fasilitasnya masih gratis.

3. 4Shared

Dibandingkan Mediafire dan Ziddu, nama 4Shared lebih dahulu ‘kondang’. Ya, media penyimpanan online ini memang cukup populer sejak beberapa tahun yang lalu. Berkas yang Anda unggah pada 4Shared juga cukup komplit bisa dilakukan, mulai dari berkas gambar, kompresi, dokumen, audio dan lain-lain.

Tetapi dalam beberapa waktu belakangan ini 4Shared memberlakukan aturan untuk membuat akun bila ada seseorang yang hendak mengunduh file darinya. Antar muka 4Shared lebih mudah dipahami dan iklannya tidak terlalu berjubel.

4. Google Drive

4Shared boleh saja populer sejak lama, tetapi semenjak Google banyak berinovasi pada produk-produknya, banyak orang yang mulai beralih kepada media penyimpanan online Google. Google Drive merupakan sebuah layanan penyimpanan gratis berkas apapun dengan kapasitas besar mencapai 15 GB serta bisa Anda tambahkan dengan versi premium.

Selain itu Google Drive tentu dapat terintegrasi langsung dengan layanan Gmail dan layanan Google lainnya. Fitur inilah yang membuat Google Drive menarik, seperti sebuah paket layanan gratis dan lengkap.

5. RapidShare

Masih sama seperti situs diatas, kali ini ada RapidShare yang berasal dari Jerman. Rapidshare menjadi salah satu situs berbagi berkas terbesar mengingat sudah ada jutaan berkas disimpan pada servernya. Dan semakin hari terus bertambah. Anda bisa menyimpan gratis dan orang lain juga bisa mengunduh gratis.

Selain itu yang paling memudahkan pengunduhan, Anda dapat menggunakan bantuan download manager seperti idm, flashget, dan lain-lain. Untuk beberapa situs hosting file ternyata memblok download manager sehingga pengunduhan bisa lama.

Jadi usahakan Anda menyimpan file penting Anda pada situs hosting online diatas untuk keamanan yang lebih terjamin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel