Belajar SEO untuk Pemula Dengan Melakukan 10 Langkah Sederhana

Bagi pemula yang ingin belajar SEO, di artikel ini akan dibahas secara ringkas beberapa langkah sederhana dalam menerapkan SEO pada sebuah website/ blog. Kampanye SEO yang sukses akan membawa bisnis Anda ke level yang lebih baik, karna itu pastikan Anda melakukannya dengan benar.

Berikut ini adalah 10 hal penting dalam belajar SEO baik untuk pemula maupun yang sudah di level expert.

1. Pengaturan Website

Sama halnya ketika kita akan membangun rumah, tentu butuh pondasi yang kuat dan sesuai porsi. Begitu juga dengan SEO, pondasi Anda harus kuat dengan memahami beberapa pengaturan seperti Google Analytics, Webmaster Tools, Google Adwords, dan lain sebagainya.

Selama tahap setup awal, Anda harus mempersiapkan diri untuk sukses. Seperti sebuah rumah, butuh pondasi yang kuat sebelum dibangun, begitu pula strategi SEO. Pondasi dalam hal ini terdiri dari alat-alat seperti Google Analytics, Google AdWords dan Google Webmaster Tools.


Dengan memahami cara melakukan pengaturan website maka Anda akan banyak mendapatkan keuntungan dari sisi SEO.

2. Melakukan Audit Situs

Sebelum memulai kampanye SEO Anda, pastikan telah melakukan audit pada website yang akan dioptimasi. Google sering melakukan penalti kepada situs yang melakukan strategi yang curang, misalnya keyword stuffing. Karena itu, pastikan Anda sudah melakukan audit pada website yang akan dioptimasi.

Untuk melakukan audit situs, Anda tidak harus menjadi seorang pakar SEO seperti yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Anda bisa menggunakan tools seperti Moz.com untuk audit. Selain Moz, Anda juga bisa menggunakan tools dari WooRank. Pilih salah satu yang paling Anda butuhkan.

3. Pakai WWW atau Tanpa WWW
Poin ini juga cukup penting lho. Jika situs Anda tidak menggunakan www pastikan semua url di situs tersebut tanpa www. Selain itu, link yang mengarah ke situs Anda juga harus menggunakan url yang sesuai atau persis dengan url Anda.

4. Penelitian Keyword

Hal terpenting dalam SEO adalah memilih kata kunci yang tepat. Banyak pakar SEO yang mengatakan bahwa penentuan kata kunci yang tepat akan sangat membantu proses optimasi sebuah website.

Untuk menemukan keywords terbaik untuk situs Anda, silahkan menggunakan beberapa tools berikut:

  •     Google AdWords Keyword Planner
  •     Google Suggest
  •     Ubersuggest
  •     Google Trends
  •     Google Webmaster Tools

5. Navigasi

Gunakan navigasi yang baik untuk pengunjung website Anda dan juga untuk robot search engine. Anda harus membagi produk dan halaman kunci ke dalam kategori dengan nama yang sesuai.

Tempatkan kategori tadi di navigasi universal dan usahakan agar tetap  sederhana. Jika Anda menggunakan drop down menu, harus dalam HTML agar search engine membacanya. Jika halaman produk Anda memiliki lebih dari 20 item, pertimbangkan untuk menambahkan filter bagi pengunjung untuk mempersempit pencarian mereka.

6:.  Konten On-Page

Tidak perlu diperdebatkan, pengunjung situs Anda pasti membutuhkan konten berkualitas. Karena itu, pastikan memuat situs Anda dengan konten-konten yang bermanfaat bagi pengunjung. Hindari penggunaan keyword isian, dan pastikan tidak memuat terlalu banyak keyword dalam situs Anda.

7. Penggunaan Meta Tags

Sebuah situs akan teroptimasi dengan baik bila menggunakan meta tag. Di dalam meta tag tersebut, pastikan mencantumkan kata kunci yang ingin dioptimasi. Jika melakukan melakukan riset keyword dengan baik dan memposting konten situs secara efektif, maka kampanye SEO Anda akan lebih mudah dilakuka.

8. Penggunaan Robot.txt


Robots.txt adalah file teks yang Anda masukkan di situs Anda untuk memberitahu search engine halaman mana mereka diizinkan untuk dikunjungi. Kode ini tidak wajib, tapi sangat membantu jika ada halaman yang Anda tidak inginkan untuk dimasuki robot pencari.

9. Menambahkan Sitemap


Walaupun website Anda bagus, terstruktur dengan baik, akan percuma jika orang tidak dapat melihatnya. Untuk mendapat jumlah maksimum traffic dan visibilitas, situs Anda harus diindeks oleh search engine. Jika tidak, mesin pencari tidak mungkin menemukan halaman yang paling relevan di situs Anda untuk ditampilkan.

10. Kampanye Off-Page

Yang dimaksud dengan kampanye off-page adalah membangun backlinks berkualitas dari situs lain menuju situs bisnis Anda. Caranya, Anda bisa melakukannya melalui pemasaran konten, menulis artikel yang relevan dengan topik situs Anda di situs orang lain, misalnya guest blogging, infographics, dan lain sebagainya.

Kampanye off-page juga bisa dilakukan melalui situs media sosial. Ini bisa membantu untuk meningkatkan popularitas situs bisnis Anda dan pada akhirnya akan membuatnya menjadi teroptimasi di mesin pencari.

Artikel Terkait

Title : Belajar SEO untuk Pemula Dengan Melakukan 10 Langkah Sederhana
Description : Bagi pemula yang ingin belajar SEO, di artikel ini akan dibahas secara ringkas beberapa langkah sederhana dalam menerapkan SEO pada sebuah...