Trik Broadcast BBM Sebagai Strategi Marketing Jitu


Penggunaan BlackBerry Messenger saat ini semakin meluas, salah satu faktornya adalah karena aplikasi messenger ini yang sudah diporting ke sistem operasi iOS dan Android. Sebelumnya layanan ini hanya bisa digunakan untuk sistem operasi BlackBerry OS saja.

Dengan semakin meluasnya penggunaan aplikasi BBM, memungkinkan Anda berpeluang besar memanfaatkannya untuk berbisnis. Ya, selain penggunaan sosial media, forum dan situs web, sepertinya layanan BBM menjadi lahan yang cukup potensial untuk menarik banyak klien. Padahal dibandingkan layanan sosial media, sebenarnya fitur BBM cukup terbatas dan dianggap tidak memberikan keleluasaan.

 Namun bagaimana lagi, layanan ini adalah layanan messenger terpopuler dan mau tidak mau Anda hanya bisa memanfaatkan fitur seperti broadcast atau biasa disebut pesan penyiaran. Fitur ini memungkinkan Anda mengirim ke beberapa atau ke semua kontak BBM Anda. Masih ragu-ragu untuk memanfaatkan fitur ini? Berikut trik dan tipsnya:

1. Semakin Banyak yang Terjangkau oleh Broadcast

Yang menentukan semakin banyak kontak yang terjangkau oleh pesan penyiaran Anda tentu saja adalah banyaknya kontak yang ada. Memang semakin banyak yang terjangkau akan semakin bagus karena setiap 1000 orang yang dikirimi pesan penyiaran artinya akan ada 1000 orang yang membacanya. Jadi, jangan gengsi untuk menambahkan kontak orang lain. Namun tidak bisa sembarangan pula, karena lebih baik Anda menambahkan kontak yang potensial menjadi klien.

2. Tulis Selengkapnya

Karena pesan penyiaran merupakan pesan yang dikirim ke banyak orang, maka sebaiknya Anda menuliskan selengkapnya. Yang dimaksud adalah tidak mengirim broadcast promosi yang singkat. Tulis produk Anda beserta deskripsinya, kemudian cantumkan harga dan contact person. Jadi jangan sampai Anda memotong-motong pesan penyiaran seperti membaginya menjadi 2 pesan.  Itulah mengapa setiap broadcast papaun umumnya ditulis panjang dan lebih maksimal. Hanya saja resikonya tetap ada, karena tulisan yang panjang membuat orang malas membaca.

3. Sisipi Kata-kata Salam

Tiba-tiba Anda mengirimkan pesan penyiaran langsung menuliskan daftar produk beserta deskripsinya. Apakah itu memenuhi norma kesopanan? Jadi, pastikan Anda sudah menyisipkan kata-kata salam pembuka, sebagai contoh ‘selamat malam sobat’, ‘hallo guys’ dan sebagainya. Pembawaan yang semacam ini tentu akan lebih membuat pembaca lebih nyaman dan menunjukan bahwa Anda sedang menyapa semua orang.

Tidak lupa juga kata maaf pada akhir tulisan. Mengapa kata maaf? Ingat, tidak semua orang sebenarnya nyaman mendapatkan pesan broadcast. Ada kalanya mereka merasa terganggu, jadi Anda harus menuliskan ‘maaf jika broadcast ini mengganggu’ atau ada singkatan populer ‘SBC’ (Sorry Broadcast), atau dengan bahasa lebih gaul ‘sorry purple’ (pesan penyiaran biasanya berwarna ungu).

4. Tidak Sering Melakukan Broadcast

Meski broadcast BBM dapat menjadi media marketing yg powerful, namun sudah banyak ahli marketing handal yang mengisyaratkan bahwa Anda tidak boleh terlalu sering menggunakannya. Alasan pertama adalah sudah jelas mengganggu privasi orang lain, kemudian resiko terbesarnya Anda dicap sebagai tukang spam dan akibatnya Anda akan di delcon (delete contact).

Tentu Anda tidak mau toko online Anda dicap sebagai toko online tukang spam dan tukang ganggu. Jadi, wajarlah dalam memanfaatkan fitur broadcast. Cukup gunakan fitur ini 3 hari sampai seminggu sekali. Sebagai contoh digunakan saat ada produk baru atau sedang ada promosi.

Artikel Terkait

Title : Trik Broadcast BBM Sebagai Strategi Marketing Jitu
Description : Penggunaan BlackBerry Messenger saat ini semakin meluas, salah satu faktornya adalah karena aplikasi messenger ini yang sudah diporting k...