-->

Apa itu Tujuan Proses? (Dengan Contoh)


Siap. Mengatur. Pergi. Selama bertahun-tahun, ini adalah pola pikir tiga langkah saya dalam hal tujuan. Saya akan meraih bulan dan berharap untuk mendarat di antara bintang-bintang tanpa merasakan sakitnya jatuh. Pendekatan ini semua atau tidak sama sekali, dan sebagai hasilnya, saya mengalami banyak kelelahan dan produktivitas hampir nol. Singkatnya, daftar tugas saya dipenuhi dengan niat tingkat tinggi, tetapi saya tidak meluangkan waktu untuk membuat peta untuk mencapai tujuan. Saya tersesat dalam tahap perencanaan karena saya tidak memahami tujuan proses atau memiliki contoh untuk diikuti.

Sejak itu, saya telah belajar bagaimana merangkul perjalanan dan memecah tujuan hasil saya menjadi tujuan proses yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Pendekatan ini telah meningkatkan fokus saya dan mengurangi frustrasi karena saya sekarang bekerja menuju strategi jitu yang akan membawa saya ke tempat yang saya inginkan––Saya membuat rencana tindakan dengan target harian yang dapat dicapai (tujuan proses).

Apa itu Tujuan Proses?

Tujuan proses bukanlah tujuan, itu adalah jalan yang Anda rencanakan untuk diambil untuk sampai ke sana. Misalnya, jika Anda ingin menjadi lebih baik dalam menulis, tujuan proses Anda adalah memposting satu artikel blog per minggu dan belajar dari umpan balik yang Anda terima. Tujuannya adalah tujuan bulanan 12 artikel.

Perbedaan ini penting karena mudah untuk melupakan fakta bahwa jenis tujuan ini tidak semuanya atau tidak sama sekali. Pikirkan tentang itu. Anda pernah mendengarnya berkata: ini bukan tentang bekerja keras tetapi bekerja dengan cerdas.

Nah, tujuan proses adalah target yang dapat ditindaklanjuti dengan apa yang kami sebut kriteria SMART:

Spesifik – Semakin detail tujuan Anda, semakin baik. Misalnya, alih-alih "Saya ingin bugar", Anda akan mengatakan, "Saya ingin kehilangan lima pon." Pastikan tujuan Anda jelas.

Measurable – Anda membutuhkan cara untuk mengukur kemajuan dan kesuksesan, sehingga perlu terukur. Di sinilah Anda memutuskan apa arti "cocok" sebenarnya bagi Anda (lebih lanjut tentang ini nanti).

Achievable – Jika tujuan Anda tidak menantang, maka itu tidak akan memotivasi. Di sisi lain, harus ada gunung yang lebih curam untuk didaki jika ingin hasil yang substansial.

Realistis – “Saya ingin lari maraton” tidak praktis bagi kebanyakan orang. Pastikan Anda memiliki waktu, energi, dan sumber daya (misalnya, program pelatihan) yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.

Terikat Waktu – Tujuan Anda memerlukan tenggat waktu yang ditentukan atau itu hanya mimpi belaka. Tidak ada yang salah dengan bermimpi, tetapi apa yang terjadi ketika fantasi berakhir?

Untuk meringkas, ini adalah komponen penting dari setiap tujuan proses: spesifik, terukur, dapat dicapai dalam kerangka waktu tertentu, dan realistis.

Apa itu Tujuan Tujuan?

Tujuan tujuan adalah titik waktu ketika Anda berencana untuk berada di tujuan tertentu. Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk mewakili negara Anda di Olimpiade Musim Panas 2025, Anda harus fokus pada peningkatan yang lebih kecil untuk mencapai kesuksesan itu. Dalam perjalanan Anda ke tujuan itu, Anda perlu fokus pada tujuan yang lebih kecil. Pertama, membuat tim nasional. Kemudian, berkompetisi di beberapa event dan lain sebagainya.

Jika Anda mencoba untuk mencapai Olimpiade sejak awal tanpa pencapaian apa pun di sepanjang jalan, itu akan terlalu menakutkan. Di sisi lain, jika Anda fokus pada setiap pencapaian sebagai tujuan tujuan, semuanya akan tampak mungkin dan dapat dicapai.

Templat Sasaran Proses

Katakanlah Anda ingin menjadi juru masak yang lebih baik. Berikut adalah salah satu cara untuk menulis tujuan proses: “Saya akan menghemat $100 per minggu dengan memasak semua makanan saya di rumah selama 12 minggu.” Ini akan menjadi tujuan Anda (bulanan), dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan ini (mingguan) adalah:

Habiskan satu jam pada hari Minggu untuk merencanakan makanan saya selama seminggu.

Belanja bahan makanan setelah bekerja pada hari Senin dan Selasa malam.

Masak semua makanan di rumah pada hari Rabu sampai Minggu.

Kemasi makan siang saya untuk bekerja pada hari Senin dan Selasa.

Hemat $100 per minggu secara tunai dengan memasak di rumah.

Tujuan proses ini akan membantu Anda menjadi juru masak yang lebih baik dengan mengajari Anda cara menghemat uang melalui perencanaan, belanja, memasak, mengemas makan siang Anda sendiri, dan mencoba resep baru. Ini juga termasuk hadiah mingguan (menghemat uang tunai $100) yang akan membantu Anda tetap termotivasi.

Tujuan proses mendorong Anda untuk mencapai tujuan akhir Anda. Ketika Anda merasa dapat mencapai tujuan yang lebih kecil di sepanjang jalan, Anda mendapatkan keberlanjutan dan kepercayaan diri untuk bergerak maju.

Dalam banyak hal, tujuan proses sangat mirip dengan keyakinan. Setiap pencapaian membawa Anda lebih dekat untuk melihat kepenuhan hidup yang Anda inginkan––menembus kabut dan membuat segalanya lebih jelas.

Pertanyaan Apa yang Membantu Saya Menemukan Tujuan Proses Saya?

Setelah beberapa tahun menetapkan tujuan yang tinggi dan menjadi semakin frustrasi ketika saya tidak mendapatkan hasil yang saya inginkan, saya memutuskan untuk melihat lebih dekat pada pendekatan saya.

Sekarang, ada banyak cara Anda dapat melakukan ini, tetapi inilah cara saya melakukannya. Tahun lalu, saya bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apa yang saya lakukan sekarang?

Bagaimana saya bisa menjadi lebih baik dalam hal ini?

Apakah tujuan proses ini membawa saya lebih dekat ke tujuan akhir saya?

Pilihan yang saya buat dari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini menjadi tujuan proses saya. Mereka adalah kekuatan pendorong yang membuat saya tetap termotivasi dan bergerak maju ketika saya ingin menyerah dan menyerah. Sejak itu, saya dapat mencapai tujuan seumur hidup yang telah saya tinggalkan bertahun-tahun yang lalu. Misalnya, saya bisa mendapatkan kontrak penerbitan, membuat lebih banyak produk digital untuk bisnis saya, dan menikmati momen itu.

Sebelum saya memecah tujuan saya menjadi yang lebih kecil, saya berjuang untuk bangun dari tempat tidur. Memikirkan daftar saya yang tak ada habisnya membuat saya mandek. Sekarang, saya menantikan setiap pagi dan mengambil proyek yang lebih kecil untuk mencapai hasil yang menguntungkan.

Apa Saja Tujuan Proses yang Dapat Anda Coba?

Jadi, sekarang setelah Anda memahami pentingnya tujuan proses, mari kita mulai dengan beberapa contoh yang dapat Anda manfaatkan minggu ini:

Mendaftar untuk kelas baru.

Selesaikan satu bagian dari proyek Anda pada hari Kamis.

Mulailah berjalan di sekitar blok alih-alih berlari sejauh satu mil.

Tingkatkan tulisan Anda dengan menghabiskan 30 menit menulis jurnal setiap hari.

Latih keterampilan wawancara Anda.

Bacalah setidaknya satu buku dari perpustakaan minggu ini.

Lakukan sepuluh push-up setiap hari sebelum Anda berangkat kerja.

Anda mendapatkan idenya. Tujuan proses ini tidak harus rumit. Jika ada, Anda ingin meruntuhkan rencana Anda hingga terasa mudah atau setidaknya dapat dilakukan tanpa perlu liburan seminggu. Dengan memecah tujuan Anda menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, Anda dapat mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Anda juga akan merasa lebih percaya diri bahwa Anda dapat mencapai sesuatu dalam saat ini.

Tidak mudah untuk terus mencapai tujuan Anda jika pencapaian terasa terlalu jauh. Anda perlu merayakan hal-hal kecil dan merangkul prosesnya.

Apa yang Anda Butuhkan untuk Tujuan Proses?

Pikirkan tentang berapa banyak waktu dan uang yang Anda habiskan untuk membeli pakaian baru, buku, teknologi, dll. Banyak dari kita ingin mengikuti tren terbaru dan membeli gadget terbaik dari Apple atau Microsoft. Tetapi semua investasi ekstra ini datang dengan harga yang mahal.

Untuk menemukan tujuan proses Anda, Anda mungkin harus menghadapi beberapa emosi atau situasi yang sulit dengan berani dan menghadapinya secara langsung. Anda mungkin harus melupakan pakaian baru atau buku Mac terbaru untuk memenuhi tujuan Anda secara keseluruhan.[1] Ingat, tujuan proses tidak hanya melindungi Anda dari perasaan kewalahan, tetapi juga membuat Anda tidak terganggu.

Pikiran Akhir

Anda mungkin merasa kewalahan pada awalnya ketika mencoba menetapkan tujuan proses. Terkadang, hanya memikirkan perubahan memicu hormon stres, yang hanya menyebabkan lebih banyak kekhawatiran dan perasaan cemas. Namun, jika Anda tetap fokus dan mengambil langkah-langkah kecil ke arah yang benar, Anda akan segera menyadari bahwa tujuan tidak harus rumit.

Anda dapat mencapai tujuan proses Anda satu hari pada satu waktu, dan Anda dapat memulai hari ini dengan memecah tujuan Anda yang lebih besar menjadi langkah-langkah yang lebih kecil. Tidak masalah jika prosesnya memakan waktu seminggu atau enam bulan, yang terpenting adalah Anda bergerak maju dan melakukan sesuatu untuk membuat diri Anda lebih baik.

Sekarang, pergilah ke sana dan capai salah satu tujuan proses Anda!


Sumber : lifehack.org

0 Response to " Apa itu Tujuan Proses? (Dengan Contoh)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel