Pentingnya Memberi Hadiah atau Bonus Kepada Pelanggan


Menjelang akhir tahun ada banyak toko-toko atau tempat usaha yang memberikan bonus kalender kepada setiap pelanggan mereka. Apakah ini adalah ritual yang wajib dilakukan setiap akhir tahun? Atau memang ini sudah menjadi kewajiban bagi setiap tempat usaha? Entah ritual atau apapun itu, yang terpenting adalah memikirkan efek dari pemberian bonus tersebut.

 Ternyata hal-hal semacam ini dapat mempengaruhi kesetiaan pelanggan terhadap produk yang Anda jual. Setidaknya pemberian semacam ini bertujuan untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan, maupun sebagai daya tarik guna mendapatkan konsumen atau pelanggan baru. Dengan demikian pastinya bakal meningkatkan omzet usaha serta bisa menjadi wujud rasa terima kasih, sekaligus media promosi usaha Anda.

Jadi sedikit berkorban memang tidak menjadi masalah, karena nantinya juga akan berdampak baik pada usaha bisnis Anda. Jika Anda masih bingung ingin memberi hadiah atau bonus kepada pelanggan, berikut tipsnya:

  • Untuk yang pertama, apapun barang yang Anda berikan pastikan itu adalah barang yang berguna. Artinya barang tersebut memiliki fungsi, bukan hanya sekedar hiasan-hiasan belaka karena bisa saja barang souvenir hanya akan dibuang.
  • Tips kedua, usahakan barang tertera nama usaha dan deskripsi usaha Anda. Sebagai contoh, dalam barang tersebut tertulis “toko kain Antasena”, kemudian ditambah dengan deskripsi “menyediakan bahan kain, alat jahit dan lain-lain”. Selain barang tersebut bermanfaat dan memiliki fungsi, ternyata bisa juga menjadi sarana media promosi. Akan semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan tempat usaha Anda bukan?
  • Sedangkan tips ketiga adalah, usahakan barang untuk bonus memiliki biaya terjangkau atau disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai pemberian barang-barang semacam ini menjadikan usaha Anda bangkrut. 

Berikut ini beberapa barang dengan biaya produksi murah yang bisa dijadikan hadiah atau bonus kepada pelanggan, sekaligus menjadi sarana media promosi usaha Anda:

1. Kalender

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kalender menjadi hadiah yang paling sering diberikan unit-unit usaha kepada pelanggannya. Selain murah biaya produksi untuk massal, kalender juga menjadi media promosi karena Anda bisa mencantumkan nama dan deskripsi usaha Anda diatas angga tanggal. Dipastikan kalender adalah barang yang memiliki fungsi dan kegunaan, sehingga akan selalu dipasang dirumah. Setidaknya memiliki kegunaan sampai 1 tahun lamanya.

2. Kaos

Biaya produksi bisa murah dengan konsekuensi bahan kaos yang memiliki kualitas rendah. Namun tidak masalah karena meski demikian kaos bonus pastinya bakal sering dipakai pelanggan Anda. Kaos bisa dicetak dengan tulisan nama usaha dan deskripsinya sehingga menjadi sarana media promosi.

3. Jam dinding

Mungkin biaya produksinya lebih mahal dibandingkan kedua barang diatas. Namun barang ini bisa dipakai selama berpuluh-puluh tahun dan bisa menjadi media promosi dengan cetakan pada badan jam. Mengingat ongkos produksi lebih mahal mungkin Anda bisa menyediakan terbatas untuk pelanggan tertentu yang dianggap paling lama dan setia.

4. Payung

Anda bisa menggunakan payung dengan biaya produksi murah, bahkan ada banyak produsen yang membanderolnya hanya beberapa puluh ribu saja. Dengan  besarnya lingkaran payung, bisa Anda manfaatkan sebagai media promosi. Payung sejak dahulu memang lazim dijadikan bonus sekaligus promosi, baik oleh pemilik usaha maupun pada event-event tertentu.

5. Gantungan kunci

Fungsinya memang tidak begitu penting, namun gantungan kunci bisa dijadikan penghias dan meminimalisir kehilangan kunci karena gantungannya bisa sebagai penanda. Dibandingkan dengan barang-barang diatas, gantungan kunci bisa diproduksi dengan biaya yang super murah. Jadi Anda bisa membuatnya dalam jumlah yang banyak. Meski kecil, tetap saja Anda bisa mencetak gantungan kunci dengan nama usaha dan deskripsinya. Solusi pemberian bonus untuk usaha kecil yang masih berkembang dan dana terbatas.

6. Bonus potongan harga atau kelipatan barang

Selain bonus berupa barang, mungkin bonus potongan harga cukup efektif untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan. Sebagai contoh untuk barang tertentu Anda bisa memberikan potongan harga 20% atau untuk setiap barang tertentu jika membeli 3 dapat bonus 1. Manfaatkan momen-momen seperti tahun baru, hari raya atau ulang tahun tempat usaha Anda untuk memberikan bonus semacam ini.

Title : Pentingnya Memberi Hadiah atau Bonus Kepada Pelanggan
Description : Menjelang akhir tahun ada banyak toko-toko atau tempat usaha yang memberikan bonus kalender kepad...

4 Responses to "Pentingnya Memberi Hadiah atau Bonus Kepada Pelanggan"

  1. Keren idenya Bro.. emang sebagian konsumen sangat antusias jika ada pernak pernak tentang bonus
    Tips Peluang Usaha

    BalasHapus
  2. bagus sekali idenya, punishment and reward harus ada memang.

    jangan lupa liburan biar gak pusing gan

    BalasHapus

Belajar SEO

Tulis Baca

Blogging

Media Sosial