Fungsi Mempersingkat URL Link Serta Caranya


Memperpendek URL atau Link bukanlah sebuah trik baru. Terutama dilakukan oleh Fanspage milik situs-situs berita di Facebook untuk menyebarkan sebuah halaman berisi berita. Lebih menguntungkan memang ketika Anda menyebar Link yang sudah dipendekan.

Alasan pertama adalah sudah tentu menghemat kolom tempat untuk melatakan pesan dengan Link. Bayangkan saja, ketika Anda harus membagikan sebuah pesan beserta Link untuk masuk ke halaman yang relevan dengan pesan, namun Link tersebut sangat panjang.

Tentu tidak enak dipandang dan dianggap kurang ringkas. Terutama ketika menulis di kronologi Facebook, kolom Tweet pada Twitter maupun menulis pesan via layanan messenger seperti BBM, Line, WhatsApp dan sebagainya. Ingat bahwa Twitter memiliki pembatasan 140 karakter huruf dan angka. Sangat tidak bijak jika ke 140 kuota hanya dihabiskan oleh Link yang panjang.

URL Shortener

Jadi apa solusinya agar Link kita menjadi pendek namun tetap menjadi jalan akses mengunjungi halaman kita? Solusi satu-satunya adalah memanfaatkan situs layanan URL Shortener. Ya, saat ini ada banyak sekali situs URL Shortener yang bisa Anda gunakan untuk memperpendek URL atau Link sebuah halaman.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, tidak memakan waktu lama dan umumnya layanan tersebut adalah gratis. Alhasil dengan Link yang pendek akan membuat postingan Anda lebih mudah, simple, enak dipandang, melacak klik, atau bahkan dapat juga untuk menyamarkan alamat asli sebuah halaman. Meskipun bisa digunakan untuk menyamarkan alamat yang mendasari, ada juga orang yang bertujuan untuk alasan lain, salah satunya adalah menjadi cara terbuka untuk mengatasi penyalahgunaan halaman web dan sebagainya.

Adakah fungsi lain dari URL Shortener? Tentu saja ada. Perlu diketahui bahwa penggunaan URL yang asli tanpa menggunakan fitur layanan yang dapat memperpendek link ternyata bisa berpengaruh pada SEO. Sebagai contoh adalah dari segi Backlink penggunaan URL asli yang panjang dianggap tidak terlalu efesien apabila Anda meletakkannya di sosial media seperti Facebook.

Mengapa kurang efisien dalam hal Backlink? Sudah tentu karena dalam statistic backlink URL tersebut justry akan terbaca dari media sosial Facebook. Jadi jika Anda menginginkan untuk mendapat umpan balik dari Google, salah satu triknya adalah harus menggunakan layanan perpendek Link khususnya adalah Google URL Shortener. Trik ini cukup efektif bagi Anda yang menginginkan backlink atau umpan balik dari mesin pencari Google.

Layanan URL Shortener

Ada banyak situs yang memberikan layanan memperpendek Link, berikut daftarnya:

1. Google URL Shortener

Penggunaannya cukup mudah, Anda cukup siapkan URL Link yang akan diperpendek, atau alternatifnya bisa menyimpan Link di notepad, MS.Word  apabila link yang akan dipendekan tersebut terlampau panjang. Setelah itu, masuk ke http://goo.gl/ , namun Anda harus login dahulu ke dalam layanan Google Mail. Langkah terakhir adalah mengcopy Link yang hendak dipendekan, dan paste ke kolom yang tersedia di Google URL Shortener. Klik tulisan Shorten URL, maka akan muncul Link yang sudah dipendekan dan siap digunakan untuk di share.

2. Bitly.com

Jika Anda merasa kurang cepat menggunakan Google URL Shortener karena harus login, ada salah satu situs memperpendek Link yang bisa diakses cepat yakni Bitly.com. Cukup masuk ke situs tersebut https://bitly.com/ kemudian carilah kebawah kolom untuk memperpendek Link. Masukan URL yang dikehendaki dan cukup klik Shorten. Lihat ke bawah, maka ada Link pendek yang siap untuk di salin. Umumnya URL yang dipendekan dengan Bitly akan berubah dengan kode Bit.ly pada bagian awal URL.

3. Adfly

URL Shortener yang populer ketiga adalah Adfly. Mengapa populer? Padahal kekurangan dari Adfly adalah mengalihkan sementara akses ke halaman web menuju situs Adfly yang didalamnya ada iklan. Ya, penggunaan Adfly karena Anda akan dibayar. Ketika Anda menggunakan URL Shortener Adfly nantinya orang yang meng-klik akan melihat iklan di situs Adfly. Untuk masuk ke halaman yang dituju harus menunggu beberapa detik. Caranya, Anda cukup klik Adf.ly dan lihat kolom yang tersedia. Tempel segera Link yang hendak dipendekan kemudian klik Shrink!

Title : Fungsi Mempersingkat URL Link Serta Caranya
Description : Memperpendek URL atau Link bukanlah sebuah trik baru. Terutama dilakukan oleh Fanspage milik situ...

31 Responses to "Fungsi Mempersingkat URL Link Serta Caranya"

  1. mantab banget bos info di artikelnya... thanks

    http://s.id/59r

    BalasHapus
  2. Makasih tips nya oke bgt. Kebetulan lagi cari nih.. jgn lupa mampir http://goo.gl/aKrcu6

    BalasHapus
  3. kalo kebiasaan saya memperpendek link biasanya untuk tujuan backlink dimana usia blog maupun website masih muda/baru. agar ter indeks google kesannya slowly ...
    blogrol: jaket murah surabaya

    BalasHapus
  4. This site is always present information that is so very inspiring at all thank you .
    Ahlinya Obat Ambeien

    BalasHapus
  5. Start your day with a morning full of joy? Thank you for the information and we will wait for more information
    Ahlinya Obat Hernia

    BalasHapus
  6. baru tau cara memperpendek suatu alamat halaman..tks info nya gan :)
    http://goo.gl/lKPSPO

    BalasHapus
  7. Are you looking to make cash from your websites/blogs with popup ads?
    If so, did you take a look at PopCash?

    BalasHapus
  8. Did you know that you can shorten your long urls with OUO and get money from every click on your shortened urls.

    BalasHapus
  9. ane mau nambahin gan ini juga bisa ow.ly bit tiny dan masih banyak lagi hahaha
    Reviews Game Online

    BalasHapus

Belajar SEO

Tulis Baca

Blogging

Media Sosial