Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Isi Kontennya



Blog adalah tempat untuk berbagi informasi, berita maupun apapun yang dianggap menarik. Seperti yang diketahui, ada blog Niche yang merupakan blog dengan tema atau kategori pembahasan tertentu. Kemudian ada general blog yang isinya bermacam-macam tema atau kategori dan sering disebut dengan istilah “blog gado-gado”.

Dalam aktivitas blogging pula Anda akan memulai kompetisi SEO untuk mencapai target page rank terbaik. Namun tidak semua blog harus mendapatkan dukungan SEO karena ada saja orang yang tidak mementingkan page rank tertinggi. Lagi pula bila artikel menarik dan relevan sesuai judul, mesin pencari akan cerdas menempatkan blog tersebut pada posisi terbaik.

Nah, blog general dan niche merupakan beberapa jenis blog berdasarkan kontennya. Namun ternyata masih ada jenis-jenis blog berdasarkan isi kontennya selain jenis general dan niche. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Tumbleblogs

Apakah Anda baru mendengar istilah Tumbleblogs? Ini merupakan salah satu variasi dari blog yang memuat isi konten pendek. Sebuah halaman Tumbleblogs biasanya hanya berisi berupa links, foto, kutipan pendek, dialog, obrolan, lagu, video, dan sebagainya. Namun kesemuanya itu memilki bentuk yang cukup singkat.

Dalam Tumbleblogs Anda tidak akan menemukan konten seperti blog pada umumnya yang biasanya berisi tulisan panjaaaang. Tumbleblog memang sengaja dirancang agar interface yang amat sederhana dan mudah diakses. Cocok bagi Anda yang malas menulis dengan kalimat panjang.

2. Vlog

Salah satu aktivitas blogging yang cukup unik karena menggunakan media video. Jadi Vlogging merupakan suatu bentuk kegiatan blogging namun memanfaatkan medium video di atas penggunaan teks maupun penggunaan suara/audio sebagai sumber media yang utama. Jadi jangan heran bila Video blogging kadang-kadang masih erat kaitannya dengan istilah televisi internet.

Dan seperti blog biasanya, Video blogging yang ideal pastinya juga harus dilengkapi dengan keterangan berupa tulisan teks dan gambar foto, bahkan vlogger professional menghadirkan video blogging dengan menyantumkan metadata lainnya. Salah satu tokoh artis yang mencuat namanya karena aktivitas Vlog adalah Marshanda dimana pada sebuah video yang diunggahnya berisikan ungkapan perasaan pribadinya.

3. Linklog

Blog yang mungkin paling sederhana dibandingkan jenis blog lain. Ya, Linklog tidak lain dan tidak bukan hanyalah jenis blog yang hanya berisi link-link saja. Jadi yang akan Anda temui pada Linklog hanyalah kumpulan dari URL (hyperlink) yang dianggap sebagai alamat website menarik untuk dikunjungi. Umumnya pada setiap URL yang disematkan, pengelola Linklog juga akan memberikan keterangan singkat tentang halaman dari URL tersebut.

4. Photoblog

Dari namanya saja sudah jelas, dan pastinya Anda sudah bisa menebak bahwa Photoblog adalah blog yang hanya berisi kumpulan foto-foto. Photoblog atau biasa disebut Pholog memang cara  seseorang untuk berbagi foto serta penerbitan foto dalam format blog. Tentu ini berbeda dengan blog biasa dikarenakan yang lebih dominan adalah kumpulan foto-foto bukan teks.

Pholog biasanya dibuat oleh orang-orang yang berkecimpung dalam dunia fotografi seperti fotografer professional atau orang yang hobi memotret namun bukan fotografer. Ada beberapa Photoblog terkenal yang berisi foto-foto menarik, diantaranya adalah exposedplanet.com/.

5. Blog Iklan Baris

Blog iklan baris merupakan sebuah blog yang halamannya hanya berisi konten iklan baris saja. Blog jenis ini dahulu memang banyak muncul, namun dengan sistem advertising yang lebih ringkas dan canggih saat ini membuat orang sudah tidak menggunakan blog iklan baris. Blog ini dianggap kurang menarik karena yang ada hanyalah konten promosi tanpa ada artikel informatif didalamnya.

6. Spolog

Sebuah blog yang benar-benar tidak berguna. Ya, Spolog merupakan singkatan dari Spam Blog, jenis blog ini yang sepertinya memang dibuat dengan tanpa maksud untuk mengembangkannya lebih lanjut  karena hanya berisi spam. Splog dibuat dengan tujuan tertentu, biasanya digunakan untuk meningkatkan backlink serta pagerank, yakni salah satu teknik SEO untuk mendatangkan kunjungan ke blog lain.

Splog dianggap sebagai blog sampah karena hanya menyia-nyiakan bandwidth serta space hosting. Selain itu Spolog juga hanya mengotori hasil pencarian search engine sehingga hanya bakal merugikan banyak pihak, mulai dari penyedia hosting serta pengguna umum mesin pencari.
Jadi buatlah blog menurut apa yang Anda inginkan, asalkan bukan Spolog.

Title : Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Isi Kontennya
Description : Blog adalah tempat untuk berbagi informasi, berita maupun apapun yang dianggap menarik. Seperti ...

14 Responses to "Beberapa Jenis Blog Berdasarkan Isi Kontennya"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Thanks atas infonya ya gan :)
    Di tunggu info yang bermanfaat selanjut ya agan :)
    http://blogobattasik.com/obat-tradisional-penyakit-hepatitis/

    BalasHapus
  3. Mantaap gan infonya :)
    http://blogobattasik.com/obat-nyeri-haid/

    BalasHapus
  4. Mantaap gan artikelnya, ditunggu artikel yang lainnya :)
    Izin share aja
    http://blogobattasik.com/obat-penyakit-stroke-alami/
    http://blogobattasik.com/

    BalasHapus
  5. Mantaap daaah gan artikelnya,, ditunggu artikel yang bermanfaat lainnya :)
    Izin nyimak saja gan
    http://goo.gl/kEmmRP
    http://goo.gl/tgb5OU

    BalasHapus
  6. Manteep sob untuk informasinya :)
    http://goo.gl/y46Sp3

    BalasHapus
  7. Thanks sob artikelnya sangat bermanfaat sekali :)
    Izin nyimak saja ya sob
    http://goo.gl/VrnFlw

    BalasHapus
  8. Thanks sob informasinya, manteeep :)
    http://goo.gl/j2Mjbi

    BalasHapus
  9. mantap sob infonya, terimakasih :)
    http://bit.ly/1zv4NOR

    BalasHapus

Belajar SEO

Tulis Baca

Blogging

Media Sosial