Pemahaman Yang Salah Tentang Kegiatan Blogging



Melalui blog Anda bisa berbagi, melalui blog Anda bisa mendapatkan informasi baru, melalui blog Anda berkembang menjadi orang yang kreatif dan peduli dengan lingkungan sekitar. Memang ada banyak sekali manfaat jika Anda memiliki kegiatan Blogging. Lagipula saat ini sudah banyak situs-situs web yang menyediakan fasilitas untuk Anda ‘nge-blog’, jadi tinggal menyesuaikan mana yang dianggap cocok.

Tidak hanya Blogger saja, ada Tumblr, Wordpress, Weebly, Multiply, maupun Blogdetik, meski sampai saat ini harus diakui bahwa Blogger milik Google dan Wordpress merupakan situs blog terpopuler. Sayangnya masih banyak orang awam yang salah paham dengan kegiatan blog, dimana mereka menggap Blogging hanyalah sebuah kegiatan eksklusif bagi orang-orang tertentu.

Nah berikut ini adalah beberapa pemahaman yang salah dari pengguna internet awam mengenai kegiatan Blogging:

1. Blog hanya untuk orang yang ahli menulis

Siapakah yang akan menghukum Anda jika dalam penulisan blog tidak memenuhi standar EYD? Tentu saja tidak ada karena blog sepenuhnya merupakan kebebasan dimana Anda tidak akan mendapatkan masalah jika kurang ahli dalam menulis.

Jadi jangan berpikir Blogging hanya kegiatan bagi orang yang pandai menulis atau kalangan penggiat sastra. Bahkan ada banyak sekali blog yang berisi tulisan dengan gaya bahasa santai (gaul) dan tidak memperhatikan unsur-unsur baku. Gaya tulisan santai terkadang disukai oleh anak muda dan tidak terkesan kaku dalam membaca informasi yang Anda berikan.

2. Blog hanya untuk orang yang berjiwa reporter

Memang blog-blog populer banyak yang berisi mengenai berbagai berita-berita terbaru atau terpopuler. Padahal untuk menulis pada blog Anda tidak harus menuliskan berita. Lagipula pemikiran mengenai blog hanya untuk orang yang berjiwa reporter adalah sepenuhnya salah. Banyak blog yang isinya merupakan catatan pribadi, humor, tips-trik bahkan lirik lagu. Isi blog demikian tentu bukanlah berbasis berita, dan tidak perlu memiliki jiwa reporter.

3. Blog adalah untuk mencari uang

Mencari uang lewat blog sebenarnya merupakan opsi, jadi Anda tidak harus melakukan itu. Memang saat ini sedang populer dengan apa yang namanya program Adsense dari Google dimana blog-blog tertentu bisa memasang iklan dari Google dan setiap iklan yang di klik oleh pengunjung akan menghasilkan uang bagi pemilik blog.

Jadi Anda tidak harus menjadikan blog sebagai alat penghasil uang, mungkin karena proses pendaftaran Adsense yang dianggap panjang dan dalam penulisan blog harus memenuhi syarat tertentu dan harus memikirkan SEO. Memang dengan tidak adanya aturan periklanan pada blog membuat Anda lebih bebas dalam menulis konten.

4. Menulis blog harus menguasai banyak bidang

Penguasaan banyak bidang dalam kegiatan Blogging adalah pemikiran yang sangat salah kaprah. Mungkin Anda berpikir demikian karena banyak blog yang didalamnya memiliki banyak kategori, seperti musik, komputer, game, film, atau bisnis. Semakin banyak kategori pada blog akan dianggap semakin bagus, padahal ada banyak pula pembuat Niche Blog yang didalamnya hanya membahas sebuah topik atau satu bidang saja.

5. Harus ahli dalam mendesain blog atau lancar memanfaatkan HTML

Fasilitas dalam desain blog memang diperuntukan agar blog akan terlihat lebih menarik, terutama dengan menggunakan HTML. Bagi yang masih awam, kode-kode dari HTML mungkin akan terasa memusingkan dan sepertinya hanya menambah masalah baru. Nah, jika Anda memiliki keterbatasan mengenai ketidakmampuan dalam desain blog, hal tersebut bukan menjadi masalah.

Anda tidak perlu memusingkan desain blog karena blog juga akan tetap menarik tanpa desain yang macam-macam. Karena yang terpenting adalah isi blog yang dicari pembaca, bukan desain. Lagipula dengan desain macam-macam dan berlebihan hanya akan membuat blog lebih berat di buka.

6. Artikel harus orisinil

Sebuah blog dengan artikel yang orisinil memang cukup menarik karena merupakan hasil karya sendiri. Tetapi jika belum mampu membuat artikel yang orisinil Anda bisa mengisi blog dengan tulisan hasil copy paste selama diperbolehkan oleh pemilik aslinya. Ada cukup banyak ditemui blog yang isinya ternyata merupakan hasil copy paste. Alternatif kedua adalah artikel hasil copywrite, yakni membuat artikel hasil dari sumber lain namun di rubah ulang.


Jadi jangan ragu untuk menjadi Blogger karena Blog tidak eksklusif untuk kalangan tertentu. 
Title : Pemahaman Yang Salah Tentang Kegiatan Blogging
Description : Melalui blog Anda bisa berbagi, melalui blog Anda bisa mendapatkan informasi baru, melalui bl...

0 Response to "Pemahaman Yang Salah Tentang Kegiatan Blogging"

Poskan Komentar

Belajar SEO

Tulis Baca

Blogging

Media Sosial