Cara Mengamankan isi Konten Blog Anda



Dunia maya adalah dunia yang tanpa batas, dimana Anda dapat browsing dan melihat tempat-tempat sampai ke ujung bumi. Bahkan Anda bisa dengan mudah menambil konten untuk sekedar di baca maupun disimpan menjadi dokumen di media penyimpanan. Nah, justru disinilah letak kelemahan internet karena ketika Anda sudah selesai membangun blog dan menulis banyak konten, semuanya dapat di ambil orang lain tanpa sepengetahuan Anda.

Khawatir akan hal itu? Sebenarnya ada cukup banyak trik yang bisa menghambat orang untuk mencuri konten atau sederhananya mengamankan isi konten blog Anda. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mengamankan blog Anda:

1. Menghambat akses klik kanan bagi pengunjung

Tentunya Anda sering menemui blog yang sulit diakses klik kanan. Biasanya jika Anda meng-klik kanan akan muncul peringatan yang menghimbau agar tidak meneruskannya. Ini efektif mencegah blog Anda dari pencurian konten.

Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke dasboard blog kemudian klik Template dan lakukan back up. Langkah selanjutnya adalah dengan klik opsi edit Template dan cari jQuery dalam Syntax template blog dengan kode ini:

<script src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.10.2/jquery.min.js">

2. Menghambat akses seleksi atau blok konten blog

Cara pertama memang cukup ampuh membuat pencuri konten kerepotan karena akan hadir dengan peringatan larangan. Tetapi kelemahannya, jika terus di klik kanan maka peringatan akan hilang dengan sendirinya dan artikel tetap bisa di copas. Langkah kedua selanjutnya yang cukup ampuh mencegah pencurian konten adalah dengan menghambat pengunjung melakukan seleksi tulisan atau memblok tulisan. Langkah ini memanfaatkan CSS, yakni dengan cara masuk ke edit Template, pilih selector body kemudian tambahkan kode-kode ini:

body{
user-select: none;
-webkit-user-select: none;
-moz-user-select: none;
-ms-user-select: none;
-khtml-user-select: none;
}
 
Langkah terakhir adalah simpan pengaturan dan akhirnya blog Anda tidak akan dapat diakses seleksinya menggunakan mouse maupun memanfaatkan shortcut CTRL + A.
Mencegah pencurian konten melalui Feed blog

Kedua teknik pencegahan diatas sebenarnya tetap saja memiliki kelemahan. Untuk memblok seleksi memang efekti agar orang tidak bisa menyalin, tetapi masih ada saja celah melalui feed blog jika Anda tidak mengaturnya. Jadi jangan kaget bila sudah menggunakan kedua trik diatas, namun konteknya masih dapat di curi orang lain. Nah, agar Feed blog tidak dapat di copas cukup lakukan beberapa langkah pengaturan, yakni masuk ke Blog tool dan pilih Others.

Disana Anda akan diminta untuk mengatur beberapa elemen di Site Feed, namun cukup rubah Allow Blog Feed menjadi Until Jump Break.  Dengan cara ini akan membuat sang pencuri konten terpaksa membuka serta melihat artikel full dari Feed dan kemudian menghadapi kedua trik diatas.

3. Mengetahui siapa yang mencuri artikel

Setelah Anda memasang berbagai pencegahan-pencegahan diatas, sebaiknya tetap lakukan pengecekan secara berulang dan bertahap. Siapa tahu memang masih ada saja yang mencuri isi artikel Anda. Patut dimaafkan bila sang pencuri tetap mencantumkan sumber artikel, namun bagaimana jika sang pencuri menghilangkan sumber? Tentu Anda yang rugi karena Anda adalah penciptanya. Nah, ada langkah untuk mengetahui artikel kita di copy-paste ke web lain

-       Pertam-tama, bukalah artikel milik Anda yang ingin anda lacak di dunia internet.
-       Langkah kedua adalah dengan menseleksi dan copy sebuah kalimat yang tidak terlalu panjang dari dalam artikel tersebut. Usahakan kalimat yang dicopy dari artikel terdiri dari 7 sampai 8 kata.

-       Masukan kalimat yang telah Anda copy ke layanan mesin pencari Google dan tekan Enter.
-       Setelah itu nantinya Google akan memperlihatkan hasil pencarian halaman-halaman yang mengandung kalimat yang sama persis maupun identik dengan kalimat yang sebelumnya di copy.

Pada saat inilah Anda akan melihat mana saja situs maupun blog yang mencuri konten artikel Anda. Google akan menandai dengan bold pada kalimat yang sama sesuai dengan pencarian. Namun jika tidak ada yang mencuri konten Anda, maka Google akan menampilkan hasil pencarian kata yang tidak sama atau tidak identik. 
Title : Cara Mengamankan isi Konten Blog Anda
Description : Dunia maya adalah dunia yang tanpa batas, dimana Anda dapat browsing dan melihat tempat-tempat ...

1 Response to "Cara Mengamankan isi Konten Blog Anda"

  1. terimakasih buat tutorialnya sob, sangat membantu sekali..

    http://obattraditional.com/obat-tradisional-arthritis/

    BalasHapus

Belajar SEO

Tulis Baca

Blogging

Media Sosial